Google+

This Is Me.

Welcome to me

Aktor-Aktor Yang Tersesat Dalam Drama Tanda Tanya

Naskah oleh : Irwan Jamal
Sutradara : Umar
Aktor : Rizqi Ferdina, Lilis Ulzaiti, Musafir dan Nanda Rahmad 

Aktor sedang berproses latihan naskah Aktor-Aktor Yang Tersesat Dalam Drama Tanda Tanya

Sinopsis

Bersama tokoh-tokoh absurd di atas pangggung menjelajahi ruang dan waktu. Aktor menarik roh-roh manusia yang hidup dan yang mati ke dalam dirinya.
Panggung adalah sebuah arena permainan mesin waktu. Aktor menempuh banyak jalan dalam Mencari dan mengalami takdir yang lain selain takdir yang telah dimilikinya. Jalan kesedihan, jalan kemarahan, jalan keceriaan, jalan kemurungan, jalan kegeraman dan berjuta jalan lainnya.
Seni peran menjadi jalan kesadaran aktor menuju ketidaksadarannya, menempuh jalan berpura-pura, selanjutnya kepura-puraan itu akan terlupakan dan terciptalah diri baru.
Lalu masuk kepada pintu kehidupan yang lain. Dirinya kini mati dan di atas kematian dirinya dia menciptakan jalan kiehidupan diri yang lain. Dia menghapus dirinya yang lama dan menorehkan diri yang lain pada apa yang telah dihapusnya.
Pada saat ini aktor telah tersesat, ketersesatan yang diciptakannya sendiri. Aktor telah menjadi orang lain. Wajahnya kemudian akan menjadi baru, gerakannya akan menjadi baru, tatapannya akan menjadi baru, nafasnya akan menjadi baru. Segala hal yang dia lakukan akan menggiringnya pada diri yang baru.
Aktor kemudian menyangkal dirinya sendiri. Jiwa yang kedua diperlihatkannya. Menciptakan getaran-getaran aneh. jika penonton bisa merasakan getaran-getaran ini maka aktor telah berhasil membagikan kontradiksi absurd ini melalui seni peran yang ditampilkannya.
Dalam kenikmatan yang meluap, berjuta  perasaan baru kemudian tumbuh cinta terhadap tokoh ciptaanya dan dia menikmatinya.
Hingga suatu ketika aktor merasa tidak dapat begitu saja berpisah dengan tokoh-tokoh yang telah diciptakannya. Namun, aktor harus kembali kepada dirinya dan menanggalkan tokoh ciptaanya ketika pertunjukan usai.  Dia harus mengucapkan selamat tinggal pada tokoh yang telah bersemayam dalam dirinya. Kesakitan luar biasa yang dia rasakan adalah kesakitan ketika roh tokoh yang dia perankan keluar dari dirinya. Ini adalah hal yang baik sekaligus buruk.

Latihan elementer bersama benih #12 Teater Rongsokan Aceh
Latihan elementer bersama benih #12 Teater Rongsokan Aceh

Drama Aktor-aktor Yang Tersesat adalah sebuah drama yang memperlihatkan dunia pikiran dan batin aktor.
Aktor-Aktor Yang Tersesat Dalam Drama Tanda Tanya adalah sebuah lakon yang muncul dari sebuah kaca pembesar yang sedang menilik-nilik sebuah peristiwa menjelang pementasan. Aktor-Aktor Yang Tersesat adalah episode aktor yang pikirannya menuju arah yang jelas namun bawah sadarnya mendorongnya kedalam tindakan tidak terarah.
Rizqi Ferdina, Lilis Ulzaiti, Musafir dan Nanda Rahmad terjebak dalam ketersesatan kali ini. Kamarullah menerangi mereka, Alunan Musik Putra Maulana, Ancol, Iwan Anak Bundo menata properti.
Dibantu Dendi APAM, sutradara oleh Umar.
Teater Rongsokan, Benih ke-12.

Selamat menikmati.

0 komentar:

Posting Komentar